

Saat ISMUBA sukses diaplikasikan, hal ini akan membentuk siswa yang Islami dengan semangat Muhammadiyah.

Ini adalah mata pelajaran yang penting yang bertujuan dalam pembentukan karakters iswa, ini adalah karakter keislaman dalam nuansa Muhammadiyah. Pendidikan karakter di sekolah-sekolah Muhammadiyah diimplementasikan dalam karakter-karakter khusus mata pelajaran dengan nama ISMUBA (Al - Islam, Muhammadiyah dan bahasa Arab). Melalui metode, pendekatan dan analisis tersebut, ditemukan bahwa hal terpenting adalah implementasi pendidikan karakter di sekolah-sekolah Muhammadiyah, termasuk sekolah-sekolah Muhammadiyah Salatiga, telah ada sejak lama, sebelum hal tersebut diutarakan oleh pemerintah Indonesia. Metode konten analisis digunakan sebagai metode analisis. Dalam studi ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan beragam yaitu filosofis, fenomenologi, dan psikologi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana implementasi pendidikan karakter ISMUBA ((Al - Islam, Muhammadiyah dan bahasa Arab) di sekolah-sekolah Muhammadiyah Salatiga pada tahun akademik 2012/2013.
